Kamis, 03 November 2011

Pesta Pemira

akhirnya *kapan mulainya koq udah akhir hehe

Wah, suasana pemira udah kerasa banget mulai dari pamflet, poster, bahkan spanduk telah di pasang di sekitar kampus. Ada juga calon presma yang memberikan pembatas buku yang tujuannya sama yakni mempromosikan diri dan menarik massa untuk memilih mereka. Sedikit mengomentari teman yg berpendapat "lebih baik uang yang mereka digunakan untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung dari pada foya-foya menghamburkan uang untuk membuat poster, spanduk, dan sebagainya".

Saran atau usulan tersebut benar dan gue setuju banget, tapi kalo mereka tidak memasang poster atau pamflet di sekitar kampus bagaimana mahasiswa tahu tentang pengalaman organisasi, prestasi, visi, dan misi calon presma atau ketua BEM masing-masing fakultas. Diskusi dan debat publik memang diadakan, tapi ga semua mahasiswa itu mau dateng. Pernah gue liat di dua fakultas yang ngadain debat calon BEM gitu dan yang dateng cuma beberapa orang, itu pun mayoritas pake almamater, jangan-jangan itu tim sukses mereka ^^. Diskusi publik aja ga dateng, apalagi mencari informasi secara mandiri. Gue perhatiin lumayan banyak mahasiswa yang nyempetin baca poster2 para calon tersebut. Coba deh bayangin kalo pas pra pemira semua papan pengumuman sepi dan kita baru liat wajah calon-calon saat pencoblosan terus ga tau visi dan misi mereka kan ga lucu banget. Mungkin yang perlu di garis bawahi, jangan terlalu berlebihan aja kampanyenya*inget prinsip ekonomi lah. Percuma lo dapet matkul ekum kalo ga diterapin.

Gue ga begitu mengerti sih seluk-beluk dunia politik di kampus. Jujur, gue ga ngerasain perubahan di kampus dari presma sebelumnya atau gue nya aja kali yang ga nyadar atau ga punya perasaan sampe ga bisa ngerasain hhe *apasih ga penting--"
Tapi gue yakin pasti ada pengorbanan yang telah mereka lakukan selama masa ke pemimpinan mereka. Ntah itu waktu, pikiran, bahkan akademik mereka, dan ga semua orang bisa ngelakuinnya dengan ikhlas.

Mungkin sekarang kita sudah muak terhadap hal-hal yang berbau politik. Selalu mengumbar janji, tapi tidak semua ditepati. Pengen melakukan ini itu kalo nanti kepilih, terus mereka ngucapinnya dengan yakin banget, tapi lama-lama saat udah kepilih udah ga inget lagi buat ngelakuinnya *kayaknya penyakitnya para politikus itu amnesia deh. Kita juga sudah sulit untuk percaya lagi kepada pemimpin karena terlalu banyak dikecewakan. Hingga kita menyamakan perilaku pemimpin sekarang atau sebelumya dengan calon pemimpin selanjutnya. Akhirnya sebagian kita memutuskan untuk golput. "gue milih atau ga, sama aja! Gue bakal tetep kayak gini alias ga ngaruh".

Gimana jadinya ya kalo banyak yang golput? Dulu pengen banget demokrasi, tapi setelah sekarang kita hidup berdemokrasi pada ga mau milih? Udah ga milih ntar protes ini itu?
Seolah-olah kita tu ga pernah puas dan selalu mencari yang namanya kesempurnaan. Padahal kita ga bakal menemukan hal itu, kalo kita mencari yang mendekati sempurna mungkin ada kali ya. Termasuk dalam diri calon presma atau ketua BEM Fakultas kita masing2.

Maaf kalo ada yang tersinggung dengan tulisan gue, gue cuma mau ngajak temen-temen buat bepikir positif aja dan yuk kita gunain hak pilih. Terus kalo emang spanduk, pamflet, poster dan sbg nya itu foya2 ayo lah kita kasih saran/tips kampanye atau promosi yang baik itu gimana? Mari Kita ubah budaya kita yang bisanya protes dan mengkritik, tetapi ga pernah memberi solusi.